Minggu, 04 Juli 2010

Hati2 di ATM

****** Pagi ini saya membantu seorang bapak2 yang hampir jadi korban penipuan ATM bank Cimb Niaga daerah margonda Depok; untungnya uang bapak tsb di atm tdk jadi dikuras oleh sang pelaku karena keburu saya datang yg mmg ada perlu ambil uang di atm yang sama. Kronologinya; sang korban sudah berhasil menarik uang di atm, tapi kartunya gak bisa dikeluarin (macet) lalu bapak ini menelpon call centre (palsu) yang tertera di ATM. Sang operator menanyakan nama korban dan anehnya menanyakan juga nomor PIN. Bapak itu perasaan curiga lalu meninggalkan atm tsb, dan gak lama datanglah salah satu pelaku ke atm tersebut, sepertinya hendak memanfaatkan kartu tersebut. Pelaku kaget, korban ini datang lagi yg hendak mengambil slip pengambilan barusan.
Dan saya juga datang; pelaku makin keringetan merasa kepergok; dan sempet ditanya pelaku ngaku atm nya juga ketelen. Pas saya sibuk membantu bapak korban tersebut menelpon call center yg asli 14041; pelaku kabur. Sesudah yakin uang di rek masih aman, bapak itu lega uangnya gak jadi kekuras. Dan saya juga bersyukur saya bukan korban dan bisa membantu bpk tsb. Ada pelajaran yang bisa diambil :
1. ATM yang sering jadi sasaran empuk penipuan; yang jauh dari bank atau luput dr penjagaan security dan gak ada kamera pengawas.
2. Pelaku lebih dari 1 orang; satu biasanya membawa hp cdma yg ngaku sbg call centre satu lg pelaku yg bertugas menguras atm atau pura2 membantu korban.
3. Pelaku menempelkan stiker palsu berisi no call centre palsu dan menempelkannya menjelang pagi atau mlm.
4. Jika kondisi suatu ATM mencurigakan,jgn sekali2 memasukkan kartu atm dan segera anda meninggalkan atm tersebut. Dan ingat nomor call centre yg asli; jika ada masalah. Demikian yang bisa saya share pagi ini; mudah2an juga jadi pelajaran buat kita semua. ****** Tempered glass - Gadget store 0811642628

Posted via email from cienhua's posterous

Tidak ada komentar:

Posting Komentar